Dalam audit sistem manajemen, apakah Anda pernah menggunakan istilah “Temuan” padahal maksud Anda adalah “Ketidaksesuaian”. Apakah pernah mendengar auditor atau auditi menyebut “tidak ada temuan” pada saat closing meeting sebuah audit?

Apakah istilah “Temuan” dan “Ketidaksesuaian” sudah digunakan dengan benar sesuai dengan definisinya? Sebenarnya penggunaan “Temuan”, jika ini dimaksudkan untuk menjelaskan “temuan yang tidak sesuai” dalam sebuah audit, seharusnya diganti dengan “Ketidaksesuaian”, karena ada pula “Kesesuaian” yaitu temuan yang sesuai. Maka seharusnya tidak ada kondisi “Tidak ada temuan” atau “Nol Temuan” dalam sebuah audit, karena jika ini benar terjadi, maka dapat dipastikan auditor tidak melaksanakan pekerjaan dengan baik, mungkin saja tidur selama audit.

Bagaimana dengan istilah Observasi? Apakah Observasi merupakan salah satu dari cakupan Temuan Audit?

Apakah Anda sebagai auditor pernah menetapkan suatu temuan sebagai Observasi (istilah di standar sebenarnya adalah Opportunities for Improvement), padahal seharusnya Ketidaksesuaian, atau bahkan sebaliknya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, Anda dapat mendownload dan membaca slide ini. Slide ini berisi penjelasan perbedaan antara istilah Temuan dan Ketidaksesuaian dalam audit, juga berisi cara penyajian temuan audit yang dapat berupa Kesesuaian, Ketidaksesuaian dan OFI.